Breaking News
Home » Event » Art & Culture » Atraksi Tatung Meriahkan Cap Go Meh di Singkawang

Atraksi Tatung Meriahkan Cap Go Meh di Singkawang

Atraksi Tatung
Atraksi Tatung

Akan ada perayaan Cap Go Meh di Singkawang, Kalimantan Barat tepat di hari ke-15 Tahun Baru Imlek, yaitu pada tanggal 5 Maret 2015. Pagelaran ini disebut-sebut sebagai event terbesar di Asia Tenggara karena perayaannya begitu berbeda dari tempat lainnya.

Anda akan disuguhi pengalaman yang sangat mengesankan karena perayaan Cap Go Meh dimeriahkan oleh atraksi tatung. Ini adalah atraksi dimana wanita, pria dan anak-anak akan berkumpul untuk menjadi media penolakkan roh-roh jahat serta kemalangan sepanjang sisa tahun.

Tradisi tatung di salah satu kota wisata di Kalimantan Barat ini dikisahkan sudah ada sejak 200 tahun yang lalu. Tradisi yang berasal dari Tiongkok selatan ini dibawa oleh etnis Tionghoa yang saat itu bekerja menjadi buruh tambang emas di kawasan Monterado, Kalimantan Barat.

Selama ritual tatung, peserta dirasuki Dewa-Dewa sehingga mengalami ketidaksadaran bahkan mampu melakukan tindakan di luar kewajaran, seperti menginjak pedang dengan kaki telanjang hingga menusukkan kawat baja ke dalam pipi tanpa terluka sedikit pun.

Parade tatung biasanya dilaksanakan di jalan-jalan utama Singkawang seperti Jalan Pangeran Diponegoro, Jalan Sejahtera, Jalan Budi Utomo, Jalan Setia Budi dan berakhir di Jalan Niaga.

Check Also

poster workshop miles

Miles Film dan International Design School (IDS) Menggelar Seminar “Membuat Soundtrack Film Anak” sebagai Salah Satu Langkah Menyebarkan Lagu Anak Indonesia

 Jakarta, 30 April 2018 –International Design School (IDS) akan menggelar kegiatan seminar bertema “Membuat Soundtrack ...