Breaking News
Home » Event » AeroMobil Rilis Mobil Terbang dengan Kecepatan 200 KPJ

AeroMobil Rilis Mobil Terbang dengan Kecepatan 200 KPJ

Flying Car Aeromobil
Flying Car AeroMobil

Perkembangan teknologi membawa dunia otomotif memasuki era baru. Bentuk dari kemajuan tersebut adalah kendaraan masa depan yang bisa mengudara. Produsen mobil terbang asal Slowakia, AeroMobil, baru saja merilis video komersialnya yang membuat publik terkesima.

Bentuk mobil terbang tersebut memang terlihat lebih beda dari kendaraan roda empat pada umumnya, malah hampir menyerupai pesawat jet dengan ukuran yang lebih kecil. Wajah depan meruncing layaknya F16, tetapi punya dua roda depan seperti mobil sport biasa. Bagian belakang didesain mirip pesawat terbang dengan dua ban yang lebih kecil.

AeroMobil melakukan pengujian di selatan Austin, Texas, Amerika Serikat. Pada video yang ditampilkan, mobil terbang ini bisa dikendarai biasa di jalan raya. Lalu, mobil tersebut mengudara dengan memanfaatkan landasan pacu pesawat.

Bagian dalam mobil diisi dua kursi, tetapi kokpit tidak seperti mobil pada umumnya. Dasbor penuh dengan tombol-tombol layaknya kokpit pesawat terbang. Kaca depan memanjang sampai ke atas untuk memberikan visibilitas sempurna kepada pengemudi dan penumpang. Kaca ini juga berfungsi sebagai pengganti pintu untuk akses keluar masuk.

Spesifikasi AeroMobil 3.0 menggunakan mesin Rotax 912 berkapasitas 1.352cc, dengan konfigurasi mesin Boxer empat silinder. Sudah dilengkapi sistem pendinginan cair dan oli sehingga suhu mesin lebih stabil. Mesin Rotax 912 ini sanggup menyemburkan tenaga sampai 100 tk pada putaran mesin 5800 rpm.

Bagian body mobil dibungkus baja dan serat karbon untuk mendapatkan bobot yang ringan. Sistem kemudi menggunakan autopilot saat mengudara, dan bisa dikendarai manual saat di darat. Dimensi AeroMobil cukup kompak dan hanya bisa dimuati dua penumpang. Panjang 6 meter, lebar 2,24 meter (sayap dilipat), lebar sayap 8,32 meter (saat dibentangkan) dan berat kosong mencapai 600 kilogram.

Kecepatan di darat mencapai 160 kpj sedangkan kecepatan di udara mencapai 200 kpj. Daya jelajah udara mencapai 700 km, sementara daya jelajah darat mencapai 500 km. Sementara konsumsi bahan bakar di darat 12,5 kpl dan konsumsi bahan bakar di udara 15 liter per jam.

Check Also

IDS Distorted Reality

INTERNATIONAL DESIGN SCHOOL GELAR EXHIBITION KARYA MAHASISWA IDS ANGKATAN 2017 BERTEMAKAN “DISTORTED REALITY”

Jakarta, 8 Juni 2018 – IDS | International Design School resmi menggelar acara Exhibiton bertema ...