Breaking News
Home » News & Articles » 5 Kue Nusantara Ini Bisa Jadi Alternatif Takjil Kalian

5 Kue Nusantara Ini Bisa Jadi Alternatif Takjil Kalian

Kue Cubit

Di Indonesia sungguh luar biasa banyaknya aneka jajanan tradisional khas untuk takjil berbuka puasa. Cara membuatnya cukup mudah dan tidak perlu menggunakan bahan-bahan yang sulit dan mahal. Berikut beberapa kue nusantara yang cocok sebagai sajian takjil berbuka puasa kalian.

1. Kue CubitKue Cubit1

Berbeda dengan kue-kue pada umumnya, Kue Cubit ini berbentuk mungil, kecil, bisa dibilang imut. Dinamakan Kue Cubit, sebab pada saat kue hampir matang di loyangnya, kue tersebut diambil dengan seperti mencubit di bagian tengah kue. Asal usul yang menarik bukan?

Kue yang terbuat dari tepung terigu tersebut sangat pas dinikmatis saat berbuka ditemani dengan teh hangat panas.

2. Kue Lumpur Bakar

Kue Lumpur Bakar

Kue lumpur bakar adalah kue yang terbuat dari tepung terigu, gula, santan, telur, vanili dan air. Bahan-bahan tersebut diaduk menjadi satu untuk kemudian dipanggang dalam cetakan. Tapi sebelumnya, cetakan harus diberi minyak. Setelah cetakan terisi penuh dengan adonan, proses selanjutnya adalah dengan menaruh bara arang di atas adonan yang berfungsi untuk mengembangkan adonan kuenya. Itulah kenapa kue ini disebut dengan kue lumpur bakar.

Kue nusantara manis tersebut sangat cocok disantap untuk berbuka yang manis-manis.

3. Kue Kerawang

Kue Kerawang

Kue kerawang khas Gorontalo ini memiliki bentuk yang cukup unik dan terbilang mampu membuat penikmatnya menjadi ragu-ragu untuk memakannya karena hiasan yang ada di kue tersebut cantik sekali. Biasanya kue ini dijajakan dengan menggunakan toples dan dijual di saat musim lebaran tiba.

Tidak salah makanan yang satu ini dinikmati sebagai takjil berbuka puasa.

4. Kue Adee

Kue Adee

Kue Adee merupakan jenis kue bertekstur lembut, legit, dan manisnya berasal dari gula asli. Sepintas kue ini mirip dengan bingkang. Kue Adee bisa menjadi paduan enak saat menyeruput segelas kopi atau teh. Juga bisa menjadi hidangan istimewa untuk menjamu tamu. Atau pun sebagai oleh-oleh untuk teman dan kerabat di luar kota.

5. Kue Bangkit

Kue Bangkit

Kue Bangkit atau sering juga disebut sebagai Kue Bangket, sebenarnya adalah kue khas tradisional Melayu. Tapi jangan khawatir, kalian tetap bisa untuk menikmati dan mencari, sekaligus memborong Kue Bangkit di daerah Sumatera, seperti Pekanbaru, Riau.

Check Also

motor show event

Otomotif show terbesar akan mengguncang Jakarta

Indonesia International Motor Show 2018 Para penggila otomotif di Tanah Air bersiap siap menghadiri Otomotif ...